Indostats | Free counter Indonesia ILMU PENGETAHUAN ALAM: Manfaat Kompos

Jumat, 04 Juni 2010

Manfaat Kompos


Kompos ibarat multi-vitamin untuk tanah pertanian. Kompos akan meningkatkan kesuburan tanah dan merangsang perakaran yang sehat Kompos memperbaiki struktur tanah dengan meningkatkan kandungan bahan organik tanah dan akan meningkatkan kemampuan tanah untuk mempertahankan kandungan air tanah. Aktivitas mikroba tanah yang bermanfaat bagi tanaman akan meningkat dengan penambahan kompos. Aktivitas mikroba ini membantu tanaman untuk menyerap unsur hara dari tanah dan menghasilkan senyawa yang dapat merangsang pertumbuhan tanaman. Aktivitas mikroba tanah juga diketahui dapat membantu tanaman menghadapi serangan penyakit.

Tanaman yang dipupuk dengan kompos juga cenderung lebih baik kualitasnya daripada tanaman yang dipupuk dengan pupuk kimia, misal: hasil panen lebih tahan disimpan, lebih berat, lebih segar, dan lebih enak.

Kompos memiliki banyak manfaat yang ditinjau dari beberapa aspek:

Aspek Ekonomi :

1. Menghemat biaya untuk transportasi dan penimbunan limbah
2. Mengurangi volume/ukuran limbah
3. Memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari pada bahan asalnya

Aspek Lingkungan :

1. Mengurangi polusi udara karena pembakaran limbah
2. Mengurangi kebutuhan lahan untuk penimbunan

Aspek bagi tanah/tanaman:

1. Meningkatkan kesuburan tanah
2. Memperbaiki struktur dan karakteristik tanah
3. Meningkatkan kapasitas jerap air tanah
4. Meningkatkan aktivitas mikroba tanah
5. Meningkatkan kualitas hasil panen (rasa, nilai gizi, dan jumlah panen)
6. Menyediakan hormon dan vitamin bagi tanaman
7. Menekan pertumbuhan/serangan penyakit tanaman
8. Meningkatkan retensi/ketersediaan hara di dalam tanah

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Kompos

35 komentar:

  1. ya kompos emang sangat berguna banget buat kesuburan tanaman ..

    lagipula sekarang buat kompas juga mudah,,bisa dari bahan2 bekas ..

    BalasHapus
  2. emmmmmmmmmmm_

    btull bgd tuh pak .

    kompos sangad bermanfaat bwd tanaman , dngan kompos tamanan dapat tumbuh dngan subur .

    BalasHapus
  3. wahh emanng berguna bangett eaa

    tappi knp ea kebanyakan masyarakat gga membuat nya karna alasan maless ..?
    pdahall kan berguna banget EAA..

    emanggg eaa manusia susah dimengerti ...

    BalasHapus
  4. Betul bgt pak.kalo tanaman d beri pupuk th akan subur tp gmana kta tw kalo pupuk yg qt pake buat tanaman itu baik?kan ad jg pupuk yg bsa ngerusak tnaman pak? Jd gmana th?

    BalasHapus
  5. pak ciri2 kompos yang baik tu kaya gmana pak????
    ada sisi negatifnya gak kalo pake kompos???

    kan sekarang banyk orng yang susah bwat peduli tentang lingkungan,kita sebgai orang yang berpendidikan harus berbuat apa kalo kita udah kasih tau orang tsb susahdiblanginnya????????

    BalasHapus
  6. emang cii pak ,, kompos itu brguna dan brmanfaat banget ..
    selain itu cara membuatnya juga mudah, bahan-bahannya juga mudah di dapat ..

    tapi sayang pak,, aroma dari kompos itu g enak banget ..

    cooba ada kompos yang tidak berbauu..
    saya yakin,, pasti banyak masyarakat yang mau menggubnakn kompos ..

    BalasHapus
  7. baguz bget tu pak....
    emang hrusnya bgitu.

    setiap tanamn itu emang hrus di beri ppuk agar tumbuhnya subur.
    kompos itu terbuat dari kotoran hewan dan sampah organik ya????

    BalasHapus
  8. kan kompos itu yang bagus berasal dari kotoran binatang.. sdgkn kotoran binatang itu kan bau,, trus jorok,, banyak bakteri,, kuman,, trus dipake bwt tanaman,,ky sayuran atau buah..trus secara gag langsung kita ikut makan bakteri yg di dalam'ny jg dund??
    apalagi kan bnyk tuch yg blg,, klo sayur lbh baik dimasak stgh mateng,,brti kuman"ny lom mati dund?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha.... lucu mbak... mbak leila harus banyak belajar lagi mengenai bakteri ya.. bisa menyesatkan lo kalo penjelasannya ngawur... bakteri pada pupuk kandang menghasilkan zat hara yang sangat penting buat seluruh tumbuhan mbak.... gak ada bakteri menguntungkan tanaman ga hidum mbak... maaf2 ya mbak kalo tanaman buah dikasih kotoran sapi pipis sapi buahnya tetep enak kok mbak ga bau tahi sama pipis... ok belajar lagi ya...

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. pak kalo tanah itu gak subur , ada mikrobanya gak???

    manfaat dari cacing tanah itu apa ajj??

    BalasHapus
  11. oh begitu ya pak....
    berarti kompos sngat berguna buat banyak hal.... sampai berguna ke aspek ekonomi, pas banget tuh buat rakyat Indonesia. hehehe

    tapi kaya nya program komposting masih jarang banget di minati orang-orang,
    pasti karna bau nya pak...

    saya juga gak tahan sama baunya.......
    uuh...

    BalasHapus
  12. pak,knapa sih kok kompos yg bau busuk bisa bwat nyuburin tnman????
    ternyata pupuk yg berasl dri sampah bnyk bgt ya manfaatnya
    ?

    saya bangga di 16 ada kegiatan komposting..

    good luck ya buat smuanya...

    jgn lupa jaga lingkungan kita!!!!!!.. :P

    BalasHapus
  13. Oh berarti bagus bgt dong manfaat2nya....
    tapi pake AIR KENCING lebih bagus kali.

    Pak pengertian dari retensi apaan????

    klo menghemat biaya saya kurang stuju krn klo misalnye lahannye jauh gmn?

    BalasHapus
  14. pak selain manfaat manfaatnya... ada kekurangan/bahayanya gak??????????

    terus Memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari pada bahan asalnya tuh maksudnya apaan pak??????

    BalasHapus
  15. owh , brarti lbh baik klw qta mnggunakan kompos yg brasal dari sampah organik drpd yg brasal dari kotoran hewan dong pa' ...
    soal ny lebih bnyak manfaat ny sih !! ..
    slh satu ny mmiliki nilai jual yg lbh mhal drpd bhn asal ny ..

    tp knpa bsa lbh mahal ??


    trus bwt tampilan artikel ny ckup mnarik , jd gk mles bwt mmbaca ny ..

    mksih ..

    BalasHapus
  16. pak kata bapak kan kompos itu tidak menyebabkan polusi udara ..
    tapi setau saya pak kompos itukan bau,, bapak juga pernah bilang kalo sesuatu yang mengganggu indra penciuman itu dapat menyebabkan polusi udara ,, kompos kan bau pak,, brrati kompos dpat myebabkan polusi udara juga dg pa ..

    BalasHapus
  17. hahaha berarti setiap kotoran punya banyak manfaat dong :-D
    kira kira kompos bisa mengundang penyakit buat manusia ga si? jelaskan !

    BalasHapus
  18. iih wawww .
    keren bgedh dnk tu kompos .
    tapi, manfaat kompos padt dengan kompos cair sama atau gk ?

    bwt, tim komposting clo bwt kompos jgan yg bauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu iia .

    BalasHapus
  19. ternyata kompos it memiliki manfaat dlm berbagai aspek yya pa' !!
    hehehe
    br tau saya

    tp pa' knp yya quq kompos yg dr bhn alami bau na gg enak bgd ??
    kn org jd agak males utk membuat maupun menggunakan kompos it ??

    coba kompos yg dr bhn alami it bau na gg bau" amat pzt dh bnyk org yg mau membuat atau menggunakan kompos it !!
    betul betul betul
    Hahaha

    tys td kn kata bpk "menghasilkan senyawa yg dpt merangsang pertumbuhan tanaman"
    nah saya mau tanya mksd dr menghasilkan senyawa it apa pa' ??

    BalasHapus
  20. ternyata banyak banget ya pak manfaatnya. oia, contoh dari hormon dan vitamin bagi tanaman itu sendiri kya gmana sih pak ???

    BalasHapus
  21. oohhh...
    cukup tau ajja lah pak...
    bingung mw nanya apaan...

    BalasHapus
  22. ternyata kompos dari bahan alami itu banyak manfaatnya dibandingkan pupuk dari bahan kimia. tetapi kenapa pertanian sekarang lebih banyak memakai pupuk yang berasal dari bahan kimia ? agar tidak ribet ? pak bagaimana pembuatan kompos dengan cepat dan efisien ?

    BalasHapus
  23. witssss...
    hebat amat tuh kompos...
    banyak banget manfaatnya....ya sya sih mw aj buatnya kalo ngliat keuntungannya ....
    tapi gak sanggup sama baunya....
    ampun deh...!!!

    BalasHapus
  24. wew ...
    ternyata guna'a kompos itu bnyk bgt iia ...
    ue kirra cma bwat tanaman doank ,,

    pii knp smua org pdd gg mw buat kompos pdhl knd brguna bgt buat tanah qta smua ...

    truz knp bnyak petani yg gg mmbuat kompos .. ??
    app krna mereka mlazz mmbuat'a ??
    atau mereka ingin yg lbih cpat mngunakan kompos tnpa hruzz mmbuat'a .. ??

    BalasHapus
  25. oh.....t'nyata banyak bget yah manfaat kompos..
    smpe ke bidang ekonomi segala..

    tapi yg gag sanggup bau nya itu loh..!!
    mang gag ada kompos yang wangi iia pak..??

    BalasHapus
  26. menurut saya pak.. kompos sangat berguna bgt.. sekarang ini banyak tanah yang rusak karena limbah dan pencemaran tanah. nah dengan kompos akan membantu tanaman hidup subur dan mengurangi sampah yang ada di lingkungan, kan jadi ada manfaatnya itu sampah.
    lagian kompos itu kan bahan yang organik, sekarang kan lag ngetren yang organik gt deh, so we're back to nature, itu lebih baik. dari pada pupuk yang mengandung bahan kimia kan bisa menyebabkan kesehatan manusia terganggu juga secara langsung maupun ga.y kan?
    kompos buat pertanian bagus juga jadi beras atau sayuran yang kita makan sehari-hari dari bahan dan pupuk yang alami.. hehe,, cukup sekian dari saya.. trima kasih.

    BalasHapus
  27. hebat hebat deh tuh kompos , cuma dari sampah yang keliatannya gak ada apa apanya , eh bisa jadi barang yang multiguna ..

    salut deh sama yang udah mencanangkan hal ini .
    tapi pak , baunya itu loh yang gak tahan .. supaya gak bau ,, kasih minyak wangi aja pak ..
    hehehehe ..

    udah ah .

    BalasHapus
  28. hhmm... kompos emang bermanfaat banget.. and gag salah smk 16 ngadain xkul komposing.
    nanggepin komentar ank" tentang kompos yang bau. kompos emang bau tapi manfaatnya itu loch yang besar bgt bagi lingkunagan and tentunya buat kita para manusia.. so, gag ada salahnya juga sedikit berkorban demi melestarikan lingkungan.. komposing juga gag harus dilaksanakan di sekolah. tapi juga bisa di rumah, sekalian sosialisasi ke masyarakat sekitar rumah kita untuk bikin kompos.. bermanfaatkan?? hhehehehe....

    BalasHapus
  29. emang bener tu bagus banget kompos bagi pertumbuhan tumbuhan agar tmbuhan dapt tumbuh dgn baik, tapi agar mndapatkan hsil yg baik pun mka tmbuhan d beri kpos alami, agar proses nya baik,,, n dari segi aspek ekonomi n lingkungan juga sangt baik ko

    BalasHapus
  30. owh..
    kompos slain bermanfaat bwt tnaman jga brmanfat bg segi ekonomi...

    tpi knpa iia masyarakat jrang yg mw menggunakan kmpos..???

    BalasHapus
  31. owh... kompos ternyata bnyak banget manfaatnya ya ,,
    selain untuk menyuburkan tanaman ,kompos jga bermanfaat untuk aspek ekonomi..
    tp karna baunya yg ga enak jdi kompos jrang digunain deh...

    BalasHapus
  32. Ternyata kompos yang bau itu berguna juga buat tanaman ...
    jadi kompos bisa membuat tanaman jadi subur ya ...

    BalasHapus
  33. owh.........
    kompos banyak juga iia manfaatnya...
    selain buat tanaman bisa juga bermanfaat seperti yang ada di dlam Aspek Ekonomi,Aspek Lingkungan,dan Aspek bagi tanah/tanaman.

    BalasHapus
  34. pa pengen koment lagi nehh ,
    kata na kan qlo tanaman itu di siram subur ,

    saya mau nnya ,
    bner gga c qlo tanaman di siramnya siang harii mlahh tumbuhannya yg mati . ?

    bner gga tu pa ?

    heheheh

    BalasHapus